RDSR - Exfoliator

Ini yang gue bahas chemical exfoliator aja ya, soalnya gue bener-bener udah engga doing the physical exfoliate samsek. Karena pertama, gue punya kenangan buruk dengan physical exfoliate biarpun emang itu 100% salah gue sendiri wkwkwk. Kedua, dibanding harus nyari physical exfoliator yang gentle, lebih gampang nyari chemical exfoliator karena emang pada dasarnya cara kerja mereka lebih gentle dan menurut gue sih, hasil kerjanya pun lebih efektif dibanding physical exfoliator.

Ini gue ringkas dikit soal chemical exfoliator, tapi untuk lebih jelasnya nanti gue kasih linknya di list references. Jadi exfoliant dari chemical exfoliator adalah AHA (Alpha-Hydroxy Acids) dan BHA (Beta-Hydroxy Acids). AHA nih dia water soluble, jadi jangkauan dia untuk ngangkat kulit mati ya dibagian terluar aja, sementata BHA, dia oil soluble. Dia bisa tembus ke pori-pori dan bersihin si pori-pori dari sebum berlebih. Nah sebenernya sih banyak yah asam-asam yang termasuk AHA atau BHA, cuma yang paling sering dipake karena emang udah well-researched adalah:

AHA: glycolic, lactic, and malic acid
BHA: salicylic acid


Oke, disclaimer dulu, i'm not an expert, gue cuma manusya biasa yg ngerasa dunia skincare is very.....mesmerizing? Terus all reviews are based on my experience only dan mungkin jg bakal nyerempet2 ke science and stuff behind all the ingredients, karena sejujurnya itu part fav gue^^  Jadi sekali lagi, semua yg gue tulis disini tolongggg banget di check ulang, pokoknya take it with a grain of salt yah. Nanti di akhir post, gue juga akan kasih link ke reliable sources (ada referensi jurnalnya atau background writernya tercantum jelas) yg gue pake buat referensi, okrrr. 

Jujur gue cinta banget sama chemical exfoliator karena emang dengan pemakaian yang rutin, mereka ngebantu banget buat benerin tekstur dan membersihkan closed comedones yang dimana itu adalah teman-teman yang sering mampir ke kulit gue, terutama kalo lagi pms. Selain itu, chemical exfoliate juga punya banyak manfaatnya lainnya, nanti silahkan nanti dibaca sendiri ya di references HAHAHAHAHA. Cuma tetep harus diingat, too much of a good thing is never good, terutama buat oily skin yang ngerasa eksfoliasi adalah satu-satunya cara supaya tidak jerawatan, no no no, itu malah bisa bikin kulit kering terus can lead to an overproduction of sebum as the skin defends itself aka lingkarang setan. 

Btw chemical exfoliator itu tesedia dalam hampir semua wujud produk, ada dari cleanser, toner, serum, cream, mask dll. Jadi ini yang gue review ada dalam bentuk toner, serum dan mask. 

Tipe kulit: combination, normal to oily; oily on t-zone area. 

Pixi Glow Tonic


Price: 300 - 350k (100 ml)

Exfoliantnya glycolic acid 5% (AHA). Ini chemical exfoliate gue pertama. Niat gue beli ini adalah untuk memperkenalkan kulit gue ke chemical exfoliator, dengan pertimbangan AHA 5% engga terlalu potent tapi engga kecil-kecil banget juga, jadi pas layaa menurut gue. Pertama kali pake agak cekit-cekit, tapi sekitar dua mingguan rasa cekit-cekitnya udah ilang sepenuhnya. Gue pake ini engga tiap hari, tapi rutin kaya seminggu 3x. Hasilnya, sewajarnya pake AHA ajasih wkwkwk. Kulit lebih halus, tekstur juga membaik, tapi itu dengan pemakaian rutin, r-u-t-i-n. Kalo gak salah gue beli ini 2x jadi yaudah, 2 botol dipakai secara rutin, gituhhhhh. Alcohol-free btw. 

Repurchase?
No, karena untuk sekarang gue ngerasa engga begitu butuh daily exfoliate. Gue lebih seneng yang ringkes kaya seminggu sekali, selesai. Jadi yha gak mungkin dong gue pake ini seminggu sekali wkwkwk. Udah mana 5%, dalam bentuk toner pula.....mane kerasa sistur. DAN ini AHA doang, gue juga butuh BHA jadi yaudah kurang ringkes banget lah ini. Tapi menurut gue ini cukup recommended buat orang-orang yang emang baru mau nyoba chemical exfoliate. 

Drunk Elephant T.L.C. Framboos Glycolic Night Serum



Price: 1.600k (30 ml); 375 - 400k (5ml)

Ini activesnya 12% campuran AHA&BHA (salicylic acid). AHA-nya ada glycolic acid, lactic acid, dan juice extract. Berhubung ini serum exfoliate yang konstrasinya cukup tinggi, jadi gue pakenya bertahap. Dari seminggu sekali, trs baru seminggu dua kali maks DAN selalu dibarengin sama moisturizer yang oklusif. Selama sebulan pertama masih cukup cekit-cekit tapi very much bearable, lama-lama cekit-cekitnya makin engga berasa tapi tetep ada, tapi dikittttt bgttt. 

Orang-orang bilang ini magic gitukan, kaya malem pake besok paginya kulit cerah dan alus banget. I mean.....hello ini serum exfoliate yang konstrasinya tinggi dan dibawa tidur guys, jadi menurut gue sih itu bukan magic....yha emang HARUSNYA kaya gitu gasi wkwkwkwk. Gue pun juga ngerasain sih, that "overnight magic". Cuma untuk tekstur atau jerawat yang kaya besoknya langsung ilang, jujur  gue engga ngerasain dan gue pun gak expect bakal kaya gitu. Tapi emang dengan pemakaian rutin, layaknya semua produk AHA BHA, tekstur kulit gue jadi membaik dan closed comedo pun jadi jarang banget banget banget muncul.

Gue baca review orang ada yang bilang, pas dia pake ini, besoknya kerasa kalo fine lines dia memudar.... Jujur agak yakali banget sih wkwkwk cuma kalo emang iya, gue agak yakin kalo itu bukan efek yg permanen, jadi kalo gak dipake secara rutin ya akan ada lagi fine linesnya. Begituh. Intinya ini bukan produk magic samsek lol. In fact, skincare takes time. Generally speaking, it takes about 28 days for skin cells to turn over, which means that almost all products require at least one month of use before you'll see results, begituhhh. Btw, DE ini clean beauty gitu yah jadi emang banyak bgt -freenya, cek sendiri aja yak wkwkwk. 

Repurchase?
No, ya Allah yakali mihil bangettttt. Ini aja gue hibahan dari sodara gua lol, yang belom tau ceritanya bisa baca disini. Lagian yaude dengan harga segitu ya gak gimana-gimana banget juga sih kata gua....

The Ordinary AHA 30% + BHA 2% Peeling Solution


Price: 250k (30ml)

Exfoliantnya juga campuran, lengkap deh glycolic, lactic, tartaric dan salicylic acid. Ini cara kerjanya kaya masker gitu, cuci muka, pake ini maksimal 10 menit terus bilas. Gue pake ini udah lama banget, ini staple di skincare routine gue gara-gara yawla mau apalagi??? Udah mah harganya terjangkau, ingredientsnya jelas banget, karena konstrasinya tinggi dipakenya cuma 10 menit terus cukup hanya dengan 1-2x seminggu, pokoknya ringkes bgt i cri. Ngomongin hasil, balik lagi kalo cuma sekedar kulit halus dan cerah, iya bisa langsung keliatan setelah sekali pake, ofkors AHA 30%. Tapi kalo ekpektasinya jerawat ilang seketika, sekali lagi: tidak mungkin. 

Oiya tapiii, engga semua orang bisa tolerate AHA dan BHA dengan konstrasi segini ya. Gue pun masih selalu kerasa cekit-cekit setiap pake ini, padahal gue udh pake ini selama setahun lebih secara rutin. Saran gue sih kalo yang belom pernah pake AHA/BHA, gausah pake ini dulu. Cari yang lain dulu aja, pokoknya start low and slow. Btw ini The Ordinary jadi udah pasti free dari bahan-bahan tambahan engga penting, yang udah jelas banget pasti fragrance&essential oil-free. 

Repurchase?
100% YES YES Y E S. 

Gue agak bersyukur sih saat gue mengenal chemical exfoliate, gue udah sadar kalo ada yang namanya over exfoliate. Jadinya emang pas pertama mulai, gue bener-bener start very slow, malah engga gitu ngikutin labelnya. Kaya DE T.L.C itu di webnya bisa dipake every other day, cuma guenya sendiri ngerasa engga perlu dipake sesering itu. 

Kalo yang udh baca postingan RSDR Moisturizer, gue kan disitu cerita kalo gue pernah exfoliate seminggu 2x (itu udah pake The Ordinary) terus break jadi maksimal dua minggu sekali gara-gara mau “istirahatin kulit”. Nah, setelah waktu itu kulit gue udah membaik, gue ceritanya mau balik lagi ke rutinitas exfoliate gue yang biasa (seminggu 2x). Tapi gue mulainya dari seminggu sekali. Nah disitu gue bener-bener merhatiin, dengan gue exfoliate seminggu sekali kulit gue tetep baik-baik aja, as in tetep engga gampang beruntusan,  jerawatan dll juga terkontrol. Jadi disitu gue menyimpulkan kalo, oh ternyata untuk sekarang, kulit gue cukup kok exfoliate cuma semiggu sekali. Jadi kayanya sih emang harus banget dipikirin, apakah kita butuh suatu produk apa engga. Sayang banget kan kalo kita kasih produk yang sebenernya kulit kita engga butuh, buang-buang duit sih yang udah pasti. 

Tapiiii tetep, gue sangat-sangat mendukung orang-orang buat rutin exfoliate wkwkwkwk cuma yaitu silahkan temukan sendiri kulit kalian butuhnya sesering apa, okeeee. 

Info tambahan:

1. Kalo yg mau cari tau soal ingredients bisa dicari di web paula’s choice. Tulis aja di google: *nama bahan* paula's choice. Selain disana bahasanya simple dan (iyalah) terpercaya, mereka jg selalu kasih referensi jurnal2 yg mereka pake, begituuu.

2. Untuk cari tau ingredients produk, bisa disini: https://incidecoder.com/. Disini dijelasin selengkap-lengkapnya lengkap, literally nge-breakdown tiap bahan yg ada di komposisi, contoh: COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser

3. Tempat gue recycle sampah skincare: Waste4Change

4. Berikut adalah orang-orang panutan gue dalam dunia skincare:
- Susan Yara, mantan jurnalis di industri kecantikan jadi insight soal skincarenya termasuk industrinya sendiri buanyak banget dan sering ngundang board certified derm di youtubenya buat ngebahas skincare: instagramyoutube
- Dr. Shereene Idriss, dia board certified derm, kalo ngejelasin sesuatu beneran singkat padat dan jelas gak bertele-tele samsek: instagram
- Claudia Christin, dermatology postgrad student, cek deh di feeds ig-nya dia bikin bahasan skincare yg ribet jadi gampang banget dingertiin (orang indonesia loh btw): instagram
- Beauty Within, channel youtube yg gak cuma ngasih rekomendasi produk tapi ngebahas ilmu sainsnya juga, love banget banget banget: youtube
- Glow Necessities, suka karena approach mereka terhadap skincare hampir sejalan sama gue yaitu, kulit kita pintar jadi gak perlu lebay. Mereka punya daftar produk skincare yg udah mereka approved sebagai "gentle skincare" jadi jujur bermanfaat banget bagi gue pribadi: instagram 

References:

Why Exfoliate?

Exfoliants 101

AHA vs BHA

Comments

Popular Posts