RDSR - Moisturizer

Gue semangat bgt sama moiturizer nih, jadi maklum ya kalo bakal panjang. Bare with me.

Disclaimer dulu, i'm not an expert, gue cuma manusya biasa yg ngerasa dunia skincare is very.....mesmerizing? Terus all reviews are based on my experience only dan mungkin jg bakal nyerempet2 ke science and stuff behind all the ingredients, karena sejujurnya itu part fav gue^^  Jadi sekali lagi, semua yg gue tulis disini tolongggg banget di check ulang, pokoknya take it with a grain of salt yah. Nanti di akhir post, gue juga akan kasih link ke reliable sources (ada referensi jurnalnya atau background writernya tercantum jelas) yg gue pake buat referensi, okrrr. 


Pertama, kita samain dulu yah pengertian moisturizer disini. Jadi bagi gue, morning cream, night cream, sleeping mask itu adalah sama, moisturizer. Kecuali kalo cream dari dokter, itu sajadi night creamnya ada obatnya ya jadi emang khusus dipake buat malem. Cuma kalo produk OTC, selama gada actives kaya retinol atau SPF-nya, menurut gue label “night cream” atau “morning cream” ya cuma maketing aja.  Adek gue pake night moisturizer gue buat pagi, soalnya kulit dia literally desert jadi emang dia butuh moisturizer yg oklusif tiap saat.

Sebenernya yg biasanya beda adalah di teksturnya, yg labelnya night cream biasanya akan lebih thick (biasanya kandungan bahan oklusif lebih banyak). Kenapah? Gatau pastinya sih HAHAHA, tapi kayanya karena biasanya orang pake retinol, AHA, BHA dan actives lainnya yg ada kemungkinan bikin kering di malem kan, jadi lah moisturizer malem dibuat thicker, biar lebih ngejagain si kulit. Selain itu, kulit kita tuh juga mengalami proses natural bernama transepidermal water loss (TEWL), yg dmn intinya air nguap dari kulit kita. It is a totally natural process that happens to everyone, tapi banyak faktor eksternal jg yg bikin level TEWL ini jadi makin naik. Nah yaudade kurleb bakal begini bagannya: kandungan air ilang->kulit kering->prone to sensitifitas, dullness, acne dll dll.

Nah lanjuttt, nih ye kalo siang kan kita bisa minum tuh jadi insya Allah (wkwk) air yg terlepas dan masuk bisa seimbang, nahhh kalo malem kan kita gabisa minum selama min 5 jam lah ya (iyala tidur wk), nah selama 5 jam itu si pelembap yg oklusif ini berguna untuk menahan si air biar gak lepas dari kulit kita aka nguranin proses penguapan dan juga kalo ada humectannya berarti akan “ngasih minum” jg ke kulit kita. Jadi kulit kita akan terjaga kelembapannya, begicuuu.

Kedua, moisturizing dan hydrating itu dua hal sebenernya beda cumaaa kalo gue tulis disini ntar kepanjangan wkwkwk. Jadi gue kasih bacaan aja yah. Link pertama di source list, itu mayan ngerangkum masalah ini. Baca dah, veri insighful.

Nah ini buat oily skin emang lebih tricky sih, soalnya mikirnya kalo kandungan air ilang->kulit kering, nah ini gak kering, berarti aman. Tapi sayangnya gak gituh bep, oily skin yg bangun tidur mukanya berminyak banget, sajadi itu tanda-tanda kulit kalian dehidrasi loh. Soalnya balik lagi, dehidrasi->produce more oil->breakout. Intinya sih semua jenis kulit butuh moisturizer, periodT. Cuma emang bagi para oily skin, perjalanan mencari moisturizer yg cocok akan lebih panjang tapi gapapah jangan nyerah guys. Kalo gue sendiri, buat pagi gue ngerasa gak bisa pake yg oklusif, it feels too much. Jadi kalo pagi gue pake yg water-based moisturizer, teksturnya gel. Kalo malem, baru deh gue switch between gel and cream moisturizer, tergantung gue lagi pake serum apa. Dan untuk yg teksturnya cream, gue SELALU make sure kalo ingredientsnya gada yg comedogenic. 

Fyuuuuh, panjang kan openingnya. Okeh kita mulai reviewnya~

Tipe kulit: combination, normal to oily; oily on t-zone area. 
What I'm looking for from a moisturizer? ngelembapin WKWKWKWK. Maksudnya yaude, gue maunya yg basic aja: hydrating and moisturizing. Kalo labelnya “brightening cream” yha itu gue anggep bonusnya lah. Gue lebih percaya ke serum gue untuk hal-hal kaya gitu. Okr.


Wardah Nature Daily Aloe Hydramild Multifunction Gel

Price: 35-40k (100ml)
(+) Gue pake ini sebagai morning moisturizer, ngelembapinnya cukup bgt, nyerepnya cepet banget. Ringan banget juga, dipake di bawah spf dan makeup sangat-sangat enak.  Ingedienstnya gak aneh-aneh sih, di list keduanya  ada glycerine which I LOVE VERI MUCH.
(-) Ada fragrancenya tapi dibawah banget.
Repurchase?
Yes. Sumpah gue mau kok cari gel moisturizer yg lain jujur udh aga bosen juga pake ini, tapi di satu sisi kaya anjir ini murah bgt dan untuk sekarang udah memberikan segala yg gue butuhkan jadi yagitu, susah gue mau berpalingnya.

Iunik Calming Centella Gel

Price: 160k (60 ml)
(+) Teksturnya sama kaya wardah aloe, cepet ngeresep banget banget, gada lengket-lengketnya samsek tapiiii ini jauh JAUH lebih kerasa melembapkan. Asli dah, kulit berasa abis minum pas pake ini. List ingredientsnya juga cantik bgt, gada yg gak penting. Sebagian besar calming and moisturizing agent. Fragrance free, alcohol free, sulfate free, paraben free dan masi banyak free yg lain-lain asli.
(-) Gak ada. lol.
Repurchase?
Y E S. Sebenernya pagi/malem gue bisa sih pake ini, cuma karena sayang (wkwk), gue pakenya malem doang di hari gue engga lagi pake serum retinol. Soalnya emang kalo lagi pake retinol, i feel “safer” with thicker moisturizer. Tapi asli, menurut gue si iunik ini recommeded bgt buat para oily skin yg lagi dalam pencarian moisturizer.  Jujur gue suka banget nget nget 1000x.

Everwhite Be Bright Night Cream

Price: 90-125k (15 ml)
(+) Bentuknya cream tapi masih light weight banget menurut gue. Cepet ngeresep dan gak ada rasa lengket samsek. Enak sih, bukan mouisturizer yg aneh-aneh.
(-) Ada fragrance juga, tapi dipaling bawah juga.
Repurchase?
No, soalnya sekarang gue butuh yg lebih lembapnya lebih dari ini. Tapi menurut gue, ini juga recommended sih buat oily skin.

Avoskin Ultra Brightening Night Cream

Price: 140k (10 g)
(+) Ingeredients keduanya alpha arbutin jadi emang keknya bener bisa brightening trs ada retinolnya juga, tapi paling bawah. Waktu itu beli ini maksudnya buat memperkenalkan kulit gue ke retinol.
(-) Gue ngerasanya ini kurang melembapkan banget dan 10 gram tuh mini banget, aseli kecil bgt w shooketh. Trs ini paraben free tapi gantinya jadi pake DMDM Hydantoin wkwk. Yha gue gatausiiii cuma kalo di paula’s choise gue liat rattingnya bagusan paraben wkwk kan kocak yak.  (paraben: good; DMDM Hydantoin: avarage)
Repurchase?
No, lagian udh discontinue juga deh keknya.

SAFI Age Defy Renewal Night Cream

Price: 75k (20 gr)
(+) Sangat sangat sangat melembapkan. Katanya sih ada gold extract cuma gatau y ngaruh beneran apa kaga. Tapi yg udh pasti, di paling atas list ingredientsnya ada glycerine dan niacinimide. Terus halal ceunah wkwkwk.
(-) Teksturnya gel cream gituh, tapi rasanya lebih condong ke creamnya. Pas dipake kaya kerasa ada filmnya gitulooo. Ya emang, di gue gak bikin breakout sih cuma aga ganggu, kalo kebanyakan jatohnya lengket dan ngerasa gerah gituh.
Repurchase?
No. Gerah bep.

Laneige Water Sleeping Mask

Price: 400k (70 ml)
(+) Teksturnya water gel gituh. Cepet nyerep, cukup melembapkan cuma dibanding iunik kaya i love iunik more.
(-) Mihil sih bagi gue, soalnya gak gimana-gimana bgt.
Repurchase?
Yes, tapi beli yg kecil khusus buat di bawah mata wkwk. Kalo lagi mau makeup yg extra, gue suka pake ini sebagai extra step, untuk make sure supaya concealernya gak crack dan enak bgt sih jujur, ditaro kulkas trs dingin2 dipake dibawah mata.

Laneige Water Sleeping Mask Cica

Price: 350 - 400k (70 ml)
(+) Nah ini, pelembap yg gak macem-macem. Isinya squalane dan kawan kawan yg emang gunanya untuk melembapkan, sekian. Bukan pelembab yg kaya licin gituh, tapi bukan yg veri lightweight juga. Kaya yauda emang kerasa kalo kita pake pelembab. Kalo pake safi gue bawaannya gerah, kalo pake ini gue masih nyaman bgt dan engga bikin breakout juga. Cuma emang, gue pake ini kalo gue lagi pake serum retinol doang. Sama kalo misal gue sampe rumah udh keburu capek banget, yaudah double cleanse trs langsung pake ini terus tidur, tapi kejadian kek gini jarang banget sih paling pas lebaran aja wkwk. Aku skincare-an bukan beban guys jadi hepi banget ngelakuinnya^^ Simple alcohol and fragrance free btw.
(-) Packagingnya bukan tube dan masalahnya adalah, gue irit banget pake ini karena emang dikit aja udh cukup bgt, jadi abisnya lama banget terus yaudah kaya kurang higienis aja gasi. Oiya sama ini belom official masuk sini, jadi agak pr aja gitu yg jual terbatas. Udasi itu doang wkwk.
Repurchase?
Yessssss.

Btw kenapa gue semangat banget bahas moisturizer, soalnya si moisturizer ini yg bener-bener ngerubah approach gue terhadap skincare. Jadi ceritanya, dulu gue beranggapan karena kulit gue berminyak, gue gak butuh-butuh bgt moisturizer, jadi gue pake moisturizer nih kalo lagi pengen aja. Terus, suatu saat gue ngalamin dimana gue jerawatan gak berenti-berenti dan otomatis otak gue mikirnya: skip moisturizer dulu soalnya malah bikin tambah berminyak dan harus banyak-banyakin exfoliate. Tapi ternyata tetep aja kaya gada yg berubah, malah muka gue jadi lebih  berminyak. 

Nah dari situlaaah awal gue niat nyari tau soal skincare lebih dalam. Terus setelah puluhan artikel dan video youtube yg gue tonton, gue menyadari semuanya selalu menekankan kalo: hydrating and moisturizing  your face are very important, whether you skin is dry, normal or oily. Akhirnya, gue nge-reset skincare routine gue, selama 2 bulanan my regimen went very basic. Dari hydrating toner langsung ke moisturizer, trs chem exfo yg tadinya 2x seminggu jadi dua minggu sekali (sekarang seminggu sekali). Dannnnn jujur kulit gue makin lama makin membaik.

Trs abis itu baru deh gue mulai coba-coba serum dan sampe sekarang, alhamdulillah kulit gue masih (dan semoga terus) baik-baik aja. Baik-baik aja as in gapernah breakout super parah gara-gara ganti produk dan kaloupun lagi breakout, sembuhnya cepet, gituh. Emang kayanya, kalo basic regimennya udh oke, bakal lebih aman buat berpetualang lebih jauh. Pokoknya fix gue udh mempercai bgt: hydrated skin is happy skin^^  

Info tambahan:

1. Kalo yg mau cari tau soal ingredients bisa dicari di web paula’s choice. Tulis aja di google: *nama bahan* paula's choice. Selain disana bahasanya simple dan (iyalah) terpercaya, mereka jg selalu kasih referensi jurnal2 yg mereka pake, begituuu.

2. Untuk cari tau ingredients produk, bisa disini: https://incidecoder.com/. Disini dijelasin selengkap-lengkapnya lengkap, literally nge-breakdown tiap bahan yg ada di komposisi, contoh: COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser

3. Tempat gue recycle sampah skincare: Waste4Change

4. Berikut adalah orang-orang panutan gue dalam dunia skincare:
- Susan Yara, mantan jurnalis di industri kecantikan jadi insight soal skincarenya termasuk industrinya sendiri buanyak banget dan sering ngundang board certified derm di youtubenya buat ngebahas skincare: instagramyoutube
- Dr. Shereene Idriss, dia board certified derm, kalo ngejelasin sesuatu beneran singkat padat dan jelas gak bertele-tele samsek: instagram
- Claudia Christin, dermatology postgrad student, cek deh di feeds ig-nya dia bikin bahasan skincare yg ribet jadi gampang banget dingertiin (orang indonesia loh btw): instagram
- Beauty Within, channel youtube yg gak cuma ngasih rekomendasi produk tapi ngebahas ilmu sainsnya juga, love banget banget banget: youtube
- Glow Necessities, suka karena approach mereka terhadap skincare hampir sejalan sama gue yaitu, kulit kita pintar jadi gak perlu lebay. Mereka punya daftar produk skincare yg udah mereka approved sebagai "gentle skincare" jadi jujur bermanfaat banget bagi gue pribadi: instagram 

References:

Hydrating vs Moisturizing 

Healthy Skin Barrier

DMDM Hydantoin and Paraben

Comments

Popular Posts