RDSR - Sunscreen

Sunscreen sama sunblock tuh banyak yg bilang beda gasi? Ya emang beda sih, beda UV filternya, cuma kegunaannya sama aja, melindungi dari paparan sinar UV. Sunscreen, sebutan untuk chemical sunscreen. Sunblock atau mineral sunscreen sebutan untuk physical sunscreen. Tapi kayanya sekarang orang-orang nyebutnya udah langsung “physical/mineral/chemical sunscreen” jadi yha yaudah, gue disini bilangnya sunscreen aja yah. Btw selain physical dan chemical sunscreen, ada juga produk yg ngegabungin uv filter dari keduanya. 

Nah karena uv filternya beda, ofkors cara kerjanya juga beda. Cuma daripada gue yg jelasin, mending kalian liat disini, sumpah disitu jelas dan gampang bgt dipahami asli dijamin langsung ngerti. Dulu emang physical sunscreen terkenal lebih kerasa “berat” dan ninggalin white cast, bikin kulit kita jadi abu-abu gitu. Tapi sekarang udh banyak produk yg formulanya cantik, jadi yang kulitnya sensitif gampang iritasi sama chemical sunscreen tapi males kalo harus pake physical sunscreen, harusnya sih udh gampang yah nemu physical sunscreen yg enak. Terus sekarang banyak bgt sunscreen yg masukin antioksidan di ingredientsnya, jadi gak cuma melindungi kulit dari sinar uv tapi juga dari radikal bebas, hepi bgt yah. 


Oke, disclaimer dulu, i'm not an expert, gue cuma manusya biasa yg ngerasa dunia skincare is very.....mesmerizing? Terus all reviews are based on my experience only dan mungkin jg bakal nyerempet2 ke science and stuff behind all the ingredients, karena sejujurnya itu part fav gue^^  Jadi sekali lagi, semua yg gue tulis disini tolongggg banget di check ulang, pokoknya take it with a grain of salt yah. Nanti di akhir post, gue juga akan kasih link ke reliable sources (ada referensi jurnalnya atau background writernya tercantum jelas) yg gue pake buat referensi, okrrr. 

Btw mau ngingetin lagi, siapa tau pada lupa arti tulisan-tulisan ini di label sunscreen:

SPF : sun protection factor, angka yg nunjukin berapa lama si sunscreen ngelindungin kita dari UVB; tetep harus reapply per 2 jam tapi ya wkwk.
PA : protection grade of UVA, jadi makin banyak tanda “+” artinya proteksi terhadap UVA-nya juga  makin kuat.  
Broad Spectrum : meaning the sunscreen protects the skin from both UVA&UVB rays. Jadi kalo yg labelnya gada PA-nya tapi ada tulisannya broad spectrum, berarti maksudnya yha PA-nya tetep ada wkwk cuma dipendekin aja, engga pake +++++ gituh. 

Dah oke baik, mari kita mulai reviewnya~

Tipe kulit: combination, normal to oily; oily on t-zone area. 
What I'm looking for from a sunscreen? pertama harus bgt broad spectrum, kedua pas dipake gak bikin muka abu-abu dan gak berat. Btw kulit gue alhamdulillah engga sensitif samsek, jadi jujur gue belom pernah breakout gara-gara gak cocok sama sunscreen. 

Biore UV Aqua Rich Watery Essende SPF 50 PA++++


Chemical sunscreen. Tahun 2019 mereka ganti formula, ditambahin vitamin E sebagai antioksidan dan humectantnya juga ditambahin which is good soalnya ingredients keduanya alkohol. Di formula yg baru gue gatau alkoholnya apa, kalo yg lama jelas ditulisnya: etanol. No fragrance. 
Price: 95-100k (50 gr)
(+) Biarpun ganti formula, teksturnya gak berubah tetep enteng dan nyerepnya super cepet. Enak banget dipake dibawah makeup, engga bikin jadi kerasa berat/berminyak. Gada white cast ya ofkors, chemical sunscreen. 
(-) Be mindful ajasi ini ingredients keduanya alkohol jadi jangan lupa buat extra moisturizing your skin. Tapi so far, gue pake ini gak ada masalah. 
Repurchase?
Yes. Jujur sekarang gue gak pake ini tiap hari, tapi asli ini dipake dibawah heavy makeup enak banget, gue gabisa gak repurchase. Biarpun gue udh jarang bgt juga do the “heavy makeup” and hello corona time check, but just in case yakan. 

L’Oreal UV Perfect Matte & Fresh SPF50+/PA++++
Ini sunsceen yg uv filter-nya gabungan dari physical dan chemical sunscreen. Ada vitamin E-nya juga sebagai antioksidan. Fragrance and essential oil free. 
Price: 75 - 85k (30 ml)
(+) Tekturnya kaya silicone primer, cepet nyerep juga. Bukan yg matte kaya MATTE, tetep ada glownya tapi oil contolnya cukup kerasa sih di gue. 
(-) Gue gak suka “rasa” pake silicone primer semuka....yaudah sekian. 
Repurchase?
No ehe. 

Krave Beauty Beet The Sun SPF50+ PA++++ / The Beet Shield
Chemical sunscreen. Ingredientsnya agak wow, antioksidannya banyak bgt, ada anti-acne dan soothing agentsnya juga. Emang bukan sekedar sunscreen doang sih ini, worth the hype banget menurut gue. Ada alcohol tapi tetep fragrance and essential oil free.
Price: 375 - 400k (50 ml)
(+) Teksturnya light lotion, cepet nyerep. Menurut gue ini sangatttt ngelembapin, gue selalu skip moisturizer tiap pake ini, asli ini super bikin glowing. Saking glowingnya, gue selalu set pake translucent powder wkwkwk. Glowing ya sis bukan greasy, jujur gak ada rasa greasy samsek. Magic. Gada white cast juga. Dibawah makeup juga cantik bgt. 
(-) Mihil banget aku miningis. 
Repurchase? 
Ya Allah ini aja gue oleh-oleh dari orang, kaga beli sendiri wkwkwkwkwk. Jadi kalo pun ntar beli, namanya bukan repurchase tapi first purchase wk. Btw pengen sih beli, cuma ntar dulu mahal bgt aela. 

Skin Aqua UV Moisture Milk SPF 50+ PA+++

Ini juga uv filtersnya gabungan dari chemical dan physical sunscreen. Pake zink oxide jadi yaudalaya terpercaya. Ada improved hyaluronic acid (AcHA), ingredient kecintaan orang-orang wkwk. Alcohol-free, fragrance & essential oil-free. 
Price: 45 - 55k (40 gr)
(+) Teksturnya watery lotion gituh, ringan banget dan cepet nyerep juga. Ini juga ngelembapin BGT, gue skip moisturizer kalo pake ini. Di gue, engga ninggalin white cast. Banyak yg bilang ini greasy, cuma jujur gue gak berasa greasy samsek..... Asli dah kaga ada lengket-lengketnya, apalagi kalo diset pake translucent powder, dah kelar enak banget. 
(-) Kaga ada. 
Repurchase?
Ofkors. 

For Skin’s Sake Weightless Sunscreen SPF 50 PA++++

Chemical sunscreen. Ini local brand sunscreen yg lumayan ngehype banget gaseh, ada niacinimide sama cica extract-nya. Bisanya produk FSS udh fragrance/essential oil-free, tapi tidak dengan sunscreen ini, jujur agak sad. Alcohol-free btw. 
Price: 190k (45 ml)
(+) Teksturnya creamy lotion tapi sesuai namanya, ini weightless bgt, nyerepnya super cepet. Belom pernah pake dibawah makeup karena gue beli pas covid menyerang. Tapi gue selalu pake ini setelah moisturizer dan rasanya masih nyaman, gak bikin muka kaya berat, tetep berasa kaya gak pake apa-apa. Tidak meninggalkan white cast. 
(-) Masih ada essential oilnya huhu sad, tapi di list bawah-bawah siiiih. 
Repurchase?
Bingung sih jujur wkwkwkwk. Dipakenya emang enak bgt, cuma ada essential oilnya dan sunscreen kan dipakenya bukan yg cuma setitik gitu kan, minimal 2 ruas jari buat muka doang terus gue selalu reapply jadi kaya hmmmm aku ragu.

Fyi, sunscreen adalah produk skincare gue yang paling cepet abis karena gue pakenya 365 hari dalam setahun aka tiap hari, biarpun lagi mendung atau biarpun gue di rumah doang dan mostly gue selalu di rumah doang wkwkwkwk. Soalnya paparan UVA tuh tembus awan dan jendela guys, dan si UVA ini yang bisa bikin dark spots, early aging DAN dia juga berkontribusi dalam development of skin cancer. Gue juga selalu reapply, biarpun engga 2 jam sekali (ehe...). Soalnya gue kerja di rumah doang yakan dan di “ruang kerja” gue, engga ada jendela yg langsung mengarah ke arah gue gituuhhh, biarpun amannya ya emang tetep reapply 2 jam sekali lol. Tapi minimal abis solat dzuhur gue selalu reapply, soalnya hellooo masi siang banget dan si sunscreen udh keburu luntur duluan gasih abis wudhu. Pokoknya pake sunscreen yah, sinar matahari emang bagus bangettttt, banyak banget manfaatnya tapi banyak juga bahayanya. Jadiii pake sunscreen dulu, baru temenan sama sinar matahari okr. Oiya sama jangan lupa pakenya yg cukup ya, 2 ruas jari.

Eh terus sumpasi pernah ada yg nanya ke gue, jadi ini temen gue ke klinik kecantikan terus kata dokternya jangan pake sunscreen dulu. Terus dia nanya ke gue, bener apa engga....? I mean hello.....mereka dokter bep YHA BENER LAH WKWKWKWKWK.  Sumpah kalo dokter kalian bilang jangan pake sunscreen dulu, mungkin emang kulit kalian lagi sensitif banget banget banget, pokoknya ikutin aja dah please wkwkwk. Tapi ya pake precaution, kalo bisa jangan terpapar sinar matahari secara langsung DAN komunikasi yang baik sama dokternya, "sampai kapan dok saya gabisa sunscreen?" "kulit saya rasanya udah gini/gitu dok, udh bisa pake sunscreen belom ya?", pokoknya update terus karena yang harusnya lebih tau kondisi kulit kita ya kita sendiri, tapi tentu dokter lah yang jauuuuuh lebih ngerti dengan kondisi kaya gitu, harus diapain, okee.

Terakhir, di references ada bacaan yg super recommended, jangan lupa di cek juga, okkk.
  
Info tambahan:

1. Kalo yg mau cari tau soal ingredients bisa dicari di web paula’s choice. Tulis aja di google: *nama bahan* paula's choice. Selain disana bahasanya simple dan (iyalah) terpercaya, mereka jg selalu kasih referensi jurnal2 yg mereka pake, begituuu.

2. Untuk cari tau ingredients produk, bisa disini: https://incidecoder.com/. Disini dijelasin selengkap-lengkapnya lengkap, literally nge-breakdown tiap bahan yg ada di komposisi, contoh: COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser

3. Tempat gue recycle sampah skincare: Waste4Change

4. Berikut adalah orang-orang panutan gue dalam dunia skincare:
- Susan Yara, mantan jurnalis di industri kecantikan jadi insight soal skincarenya termasuk industrinya sendiri buanyak banget dan sering ngundang board certified derm di youtubenya buat ngebahas skincare: instagramyoutube
- Dr. Shereene Idriss, dia board certified derm, kalo ngejelasin sesuatu beneran singkat padat dan jelas gak bertele-tele samsek: instagram
- Claudia Christin, dermatology postgrad student, cek deh di feeds ig-nya dia bikin bahasan skincare yg ribet jadi gampang banget dingertiin (orang indonesia loh btw): instagram
- Beauty Within, channel youtube yg gak cuma ngasih rekomendasi produk tapi ngebahas ilmu sainsnya juga, love banget banget banget: youtube
- Glow Necessities, suka karena approach mereka terhadap skincare hampir sejalan sama gue yaitu, kulit kita pintar jadi gak perlu lebay. Mereka punya daftar produk skincare yg udah mereka approved sebagai "gentle skincare" jadi jujur bermanfaat banget bagi gue pribadi: instagram 

References:

Sum-up: Sunscreen *recommended bgt guys!!!!

Chemical Sunscreen vs Physical Sunscreen

UV Radiation & Skin Cancer *recommended juga!

Kekuatan UV Filters (Sunscreen Active Ingredients)

Comments

Popular Posts