RDSR - Toner

Apakah kalian tau kalo kalo sebenernya toner tuh gaperlu ada di skincare routine kita? Kalo udh tau yauda skip aja pembukaan ini, soalnya panjang wkwkwkwkwk. Akuh mau throwing facts about toner, yg dulu pas pertama kali tau bikin gue kaya "wow what??? jadi selama ini aku hanya termakan marketing???"


Tapi disclaimer dulu, i'm not an expert, gue cuma manusya biasa yg ngerasa dunia skincare is very.....mesmerizing? Terus all reviews are based on my experience only dan mungkin jg bakal nyerempet2 ke science and stuff behind all the ingredients, karena sejujurnya itu part fav gue^^  Jadi sekali lagi, semua yg gue tulis disini tolongggg banget di check ulang, pokoknya take it with a grain of salt yah. Nanti di akhir post, gue juga akan kasih link ke reliable sources (ada referensi jurnalnya atau background writernya tercantum jelas) yg gue pake buat referensi, okrrr. 

Oke lanjutttt, jadi seriusan nih toner gak wajib ada skincare routine kita???? Padahal kan katanya:

Biar skincare selanjutnya lebih ngeresep? 
Gaperlu toner, pake produk selanjutnya pas muka kita belom kering2 bgt aja (abis cuci muka), kelar. Soalnya yg bikin produk ngeresepnya lebih bagus bukan si tonernya tapi keadaan muka kita yg lembap. 

Nyeimbangin pH ballance abis cuci muka?
Pertama, kalo udh pake cleanser yg gentle harusnya tanpa toner you’ll be completely fine. Kedua, kalo cleansernya engga gentle....hm kayanya sebelum beli toner mending ganti dulu ke cleanser yg gentle wkwk. Ketiga, sebenernya kulit kita can restore its ph balance on its own. 

Biar kotoran dimuka keangkat semua?
No, harusnya muka udh bersih di step cleansing. 

Kalo kaya acid toner????
Nah ini jg bisa, tapiiiii beneran cari yg AHA/BHAnya ada di top list ingredients jadi beneran ada efeknya. Kalo AHA/BHA di bawah-bawah...... mungkin itu lebih ke sebagai langkah awal untuk mengenal chemical exfoliate kali yah. Nanti kalo udh terbiasa, baiknya pindah ke yg beneran nampol gt AHA/BHAnya, bisa dalam bentuk serum, peeling solution or even toner lagi. Oiya dan acid toner yg persennya gede jg jatohnya bukan daily toner soalnya ntar takut malah over exfoliate.

Untuk menghindrasi....? 
YES, kalo ini bisaa. Toner yg isinya humectant bagus banget buat ngasih ekstra hidrasi ke kulit kita. Tapi kalo serum kalian udh HA, ya jatohnya jadi gaperlu sih... KECUALI kalo emang kulit kalian kering yah, kaya "apasi gue gak cukup pake serum doang sotoy lu" wkwkwk yaudah maap... Kulit gue kan normal to oily, jadinya gue satu aja cukup getoh.

Tapi diluar semua itu, toner tuh step favorite gue nomor satu wkwkwkwk sensasi pake toner nepok2 muka gt trs kaya wow muka gue abis minum nih seger bgt dan kaya langsung plumpy gitu maygat i veri love.  Pokonya i love toner so muchhhhh. Jadi yauda gue tidak akan menghilangkan toner dari skincare routine gue wkwkwkwkwk.  Cuma be mindful ajasi kalo toner ga wajib ada di skincare routinekuh.

Okee kita mulai reviewnya~

Tipe kulit: combination, normal to oily; oily on t-zone area. 
What I'm looking for from a toner? efek menghirasinya, udh itu ajah. Btw ada satu acid toner yg ga gue bahas disini, ntar aja di exfoliator soalnya dulu w emang engga pake dia sebagai daily toner. 

Jafra Balancing Advanced Dynamics Toner



Price: 110-163k (200 ml)
Toner pertama gue (2016) dan yuyur asal beli doang soalnya temen gue yg jualan wkwkwk. Gue inget disuruhnya pake tiap abis cuci muka, pake kapas gituh dan rasanya kayanya berasa yg super bersih gitu i like. Tapi tadi gue liat ingredientsnya dari no 2-4 isinya cleansing agents yawla...kemungkinan besar akan stripping away all the nacurel oils which are protecting the skin and keeping it healthy. Yang kaya gini tuh jatohnya cleansing water dah, bisa sih dipake buat pagi jadi kek pake gausah cuci muka pake sabun. Gituh. Tapi yaudala masa lalu. 
Repurchase?
Kaga. Mahal. Udah gak butuh juga dan ingredientsnya gak yg wow gimana-gimana. 

Etude AC Clean Up Toner


Price: 250-298k (200 ml)
Ini toner yg klaimnya kaya buat menghilangkan jerawat geto2. Konsistensinya kaya air banget, trs wanginya wangi tea tree. Engga gitu melembapkan dan emang gada klaim itusi wkwkwk. Ini ada salicylic acidnya (BHA) sama tea tree yg dmn emang bagus acne prone skin. Salicylic acidnya ada di igredients urutan ke 6 trs tea tree lebih dibawah2. Ada papaya extract jg, dia semacam AHA, tapi veri mild. Tapi ingredients keduanya alkohol, jadi yg kulitnya kering atau sensitif mending gausa pake ini. 
Repurchase?
Nope. Udh gaperlu toner yg model-model kek gini lagi. Asupan AHA/BHA w udh ada sendiri. 

Lanaige Fresh Calming Toner

Price: 290-310k (250 ml)
Tekturnya kaya air seairnya air. Klaimnya melembapkan dan oil control dan di gue emang cukup melembapkan sih. Bukan toner yg macem-macem, gada bahan aktif yg gmn2, bener-bener cuma ngelembapin. Ngeresepnya cepet bgt, seger sih ini kaya wow kulit aku minum. Cuman MIHIL BINGIT i cri.
Repurchase?
No. Dulu gue sempet repurchase terus, awalnya beli yg botol kecil trs sekali beli yg botol gede. Terus sekarang udh ketemu yang lebih murah dan ok jadinya yauda bye. 

Son & Park Beauty Water

Price: 350-390k (340 ml)
Ini tuh sebenernya toner tapi lebih ke cleansing water jujur gue baru tau. As a cleansing water jujur ini enak banget dijadiin toner (wkwk), gak kering atau berasa ketarik samsek. Gue pake ini sebagai toner cukup lama loh, sempet jadi staple di skincare routine gue. Ini ada papaya exract sama willow bark jadi bakal mildly exfoliates, gue rasa aman bgt dipake daily morning and night. Knp aman? Jadi willow bark tuh mengadung salicin, dmn dia harus diproses dulu di tubuh kita dengan enzim2 dll biar bisa berubah jadi salicylic acid (BHA). Trs si papaya extract jg kurang lebih sama, nama zatnya papain yg punya efek sama kek AHA. Nah dari gue baca2 belom ada research yg membuktikan keefektifan BHA dan AHA yg dihasilkan dari willow bark dan papaya extract ini. Jadi gausah takut over exfoliate. Sans. Ada alkoholnya juga, tapi di paling bawah.
Repurchase?
Akan sih kayanya. Tapi not as toner anymore. Gue lagi tertarik bgt sama the whole no morning cleansing routine, jadi pengen pake ini sebagai pengganti sabun tapi LIAT NTAR DEH MIHIL BEP. Kalo beli yg 60 ml boros plastik bgt.

Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Light Lotion 

Price: 35-45k (100ml)
Ini gue suka bangetttttt, udah mana murah, melembapkannya juga dapet banget. List ingeredientsnya jg pendek bgt jelas semua. Gada fragrance, colorant dan alkohol. Ada paraben tapi paraben tuh kan preservatives jadi emang dibutuhin, emangsi ini bahan yg kontroversial. Ada dermatologis yg bilang selama kulit kita gak knp2 ya gpp banget, ada jg yg bilang NO NO NO. Gue sih team gapapa soalnya Susan Yara bilang "Kalo kita pake dan baik-baik aja, yaude lanjut. Tapi kalo kulit jadi sensitif yauda berenti, simple. Listen to your skin is the key”
Repurchase?
Iyala. 

Benton Aloe BHA Skin Toner
Price: 120-150k (200ml)
Suka banget banget. Nyerepnya cepet dan ngelembapin banget juga. Bahan aktifnya ada salicylic acidnya 0.5%, sisanya melembapkan (HA  dan segala macem ektrak lidah buaya) dan ada beta glucannya, dia ni antioksidan bagus buat calming sensitive skin. Gue pake ini pagi malem suka banget. 
Repurchase?
Iyah ntar kalo Hada Labo gue udh abis. Sekarang gue ganti-gantian gitu dah gak layering2 banyak produk, selain karena emang merasa gak butuh, ini termasuk praktek sustainable living lochh. Sekarang udh bukan reduse, reuse, recyle tapi reduce reduce reduce baru reuse baru deh recyle. 

Terakhir, gue mau cerita pengalaman pribadi wkwk. Jadi dulu gue pernah beli toner karena ngeliat seluruh influencer (lol) ngomong kaya  "sumpah aku pake toner ini, jerawat aku ilang. magic banget toner ini" cuma ternyata di gue bener-bener gak ngaruh.  Jujur akhirnya waktu itu gue mikir kaya "ni orang-orang perez doang apa gmnsi". Akhirnya sekarang gue menyadari kalo yg salah adalah gue wkwkwk. 

Jadi toner yg waktu itu gue beli komposisi utamanya humectant dan calming agents, ya  jadi secara teori pun emang bukan tugas mereka untuk "menghilangkan jerawat". Lah jadi emang orang-orang pada bohong? (bisa jadi) ENGGA GUYS. Jadi gini, toner yg super melembapkan ini tugasnya ya melembapkan, nah dengan kulit kita lembap pertama, otomatis actives di product lain akan lebih "mudah nyerep". Yakan gue gatau, serum apa yg mereka pake, mungkin emang pake serum for acne combat jadi yaaa dengan pake toner ini, kerja serumnya pun akan lebih baik dan hasilnya akan lebih kerasa; kedua dan terpenting, kulit yg lembap  can balanced oiliness (fyi, kalo kulit kita dehydrated, dia ngirim sinyal to the oil glands to produce more oil as a defense mechanism) Jadi bisa jadi emang bener tuh, dengan mereka pake toner itu, jerawat mereka jadi reda. Tapi apakah tonernya bisa secara langung meredakan jerawat? Menurut gue sih, engga.

Jadi pelajaran yg bisa diambil adalah hydrated skin is happy skin. Dan kalo kulit kita happy, ya healing processnya juga harusnya akan lebih cepet. Inget guys, kulit kita pinter^^

Info tambahan:

1. Kalo yg mau cari tau soal ingredients bisa dicari di web paula’s choice. Tulis aja di google: *nama bahan* paula's choice. Selain disana bahasanya simple dan (iyalah) terpercaya, mereka jg selalu kasih referensi jurnal2 yg mereka pake, begituuu.

2. Untuk cari tau ingredients produk, bisa disini: https://incidecoder.com/. Disini dijelasin selengkap-lengkapnya lengkap, literally nge-breakdown tiap bahan yg ada di komposisi, contoh: COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser

3. Tempat gue recycle sampah skincare: Waste4Change

4. Berikut adalah orang-orang panutan gue dalam dunia skincare:
- Susan Yara, mantan jurnalis di industri kecantikan jadi insight soal skincarenya termasuk industrinya sendiri buanyak banget dan sering ngundang board certified derm di youtubenya buat ngebahas skincare: instagramyoutube
- Dr. Shereene Idriss, dia board certified derm, kalo ngejelasin sesuatu beneran singkat padat dan jelas gak bertele-tele samsek: instagram
- Claudia Christin, dermatology postgrad student, cek deh di feeds ig-nya dia bikin bahasan skincare yg ribet jadi gampang banget dingertiin (orang indonesia loh btw): instagram
- Beauty Within, channel youtube yg gak cuma ngasih rekomendasi produk tapi ngebahas ilmu sainsnya juga, love banget banget banget: youtube
- Glow Necessities, suka karena approach mereka terhadap skincare hampir sejalan sama gue yaitu, kulit kita pintar jadi gak perlu lebay. Mereka punya daftar produk skincare yg udah mereka approved sebagai "gentle skincare" jadi jujur bermanfaat banget bagi gue pribadi: instagram

Comments

Popular Posts