RDSR - Serum

Step favorite kedua gue di skincare adalah serum, karena emang paling kerasa hasilnya. Jadi kalo yang belum tau, serum tuh isinya adalah high concentrations of specific active ingredients yg dimana manfaat ke kulitnya juga udh terspesifik gituuh. Nah karena konsentrasi active ingredients di serum tinggi, hasil yg didapet juga harusnya akan lebih berasa sih. Tapiii karena itu juga, gue jarang banget coba-coba serum. Jadi sekali udh nemu yg cocok, yaudah i stick with it.

Dan karena kandungan yg tinggi itu, gue gapernah pake serum barengan, barengan as in “malem gue pake vit c dan retinol”. TAPI itu cuma purely my personal preference gara-garanya gue tuh terlalu males buat research soal produk telalu dalem. Masalahnya tiap produk didesign berbeda kan jadi knowledgenya gabisa cuma based on activenya aja. Kaya secara teori niacinamide boleh dibarengin sama vit. c, tapi serum niacinamidenya The Ordinary (DCIEM) ditulis di webnya mereka, engga boleh dibareing vit.c. Karena apanya jujur gatau wkwk, cuma intinya mereka bilang engga boleh. Terus ada jg yg kaya bisa dibarengin tapi harus liat pH level masing2 produk biar kerjanya gak tabrakan, ya emang gak akan bikin iritasi atau gmn2 cuma kaya ntar kinerja produknya jadi gak maksimal....cuy itu duit kebuang sih fix... Pokoknya buat gue, nyari tau apakah serum compatible buat dibarengin atau engga takes a lot of works and i dont have that willingness to do so. Tapi sekali lagi ini, pure prefrensi gue sendiri ya. Kalo kalian suka pake serum barengan dan hasilnya oke then keep on going, you do you babe^^ 


Disclaimer dulu, i'm not an expert, gue cuma manusya biasa yg ngerasa dunia skincare is very.....mesmerizing? Terus all reviews are based on my experience only dan mungkin jg bakal nyerempet2 ke science and stuff behind all the ingredients, karena sejujurnya itu part fav gue^^  Jadi sekali lagi, semua yg gue tulis disini tolongggg banget di check ulang, pokoknya take it with a grain of salt yah. Nanti di akhir post, gue juga akan kasih link ke reliable sources (ada referensi jurnalnya atau background writernya tercantum jelas) yg gue pake buat referensi, okrrr. 

Okee, sekarang saatnya review~

Tipe kulit: combination, normal to oily; oily on t-zone area. 
What actives I'm looking in a serum?
For morning, i mainly focused on protecting the skin dari kejahatan free radicals (air polution, sunlight, ciggarate smoke dkk). Jadi pagi gue prefer serum vit.c yg dimana dia antioksidan dan kalo digabung sama SPF, fix power couple. 

For night, baru deh saatnya gue restoring the skin. Karena gue combination to oily, jadi:
- Niacinamide karena cara kerjanya indah bgt, it really helps to encourage the lipid production yg dmn nantinya sebum production akan terkontrol. JADI it can makes zi face less oily without drying the skin malah dia restore the skin barrier (monangis gasi) and banyak lagi manfaat indah lainnya. 
Retinol cause hello im 25 this year lol cri. Intinya retinol mempercepat skin cell turn over (beda sama exfoliate) jadi udh terpecaya banget, malah keknya satu-satunya yg udh 100% terbukti buat “anti aging” (udh gajaman anti aging, sekarang aging with grace ceunah) DAN bagus bgt buat yg acne prone dan jujur beneran gue merasakan banget si bedanya sebelum dan sesudah mengenal retinol. 

Laneige Fresh Calming Serum


Ini serum pertama gue sebelom gue dive deep into skincare world, jadi waktu itu cuma baca label aja “for combination/oily skin” trs gue kaya “okede beli~” padahal sekarang pas liat ingredientsnya kaya hah apansi gitu doang....dari sebanyak itu kayanya glycerine doang yg beneran  keliatan manfaatnya wkwkwk. Ini tuh menurut gue cocok banget buat orang yg gada masalah yg gmn2 sama kulitnya, yg tinggal fokus buat mastiin kulitnya terhidrasi dengan baik. 

Price: 460k (80ml)
(+) Bikin kulit lembap tapi gak kerasa berat. Buat yg kulit kering sih kayanya kurang bgt ini, cuma buat gue sangat-sangat cukup. 
(-) Mahal, kandungan yg ada di ingredientsnya gak sesuai harga dan ada fragrance juga.
Repurchase?
No. I need something more than just a glycerine.


Votre Peau Vitamin C-Serum


Local brand. Vitamin C-nya dalam form Ethyl Ascorbic Acid yg dimana itu turunan L-Ascorbic Acid (the most well-researched form of vit-c for its efficacy). Cuma si L-Ascorbic Acid nih gak stabil dan gampang teroksidasi, jadi kalo serum vit-c yg formnya L-Ascorbic Acid emang biasanya lebih mihil karena yha agak pr mikirin formulasinya. Nah si Ethyl Ascorbic Acid  ini bisa jadi alternatif karena dia lebih stabil, less irritant pula, jadi buat kulit sensitif pun cenderung lebih aman, tapiii yaitu, efektifitasnya belom terbukti banget kaya si L-Ascorbic Acid. Ada alcohol cuma di list bawah and tbh i dont mind alcohols di skincare product KALO emang pas produknya dipake, ya tetep kerasa lembap. Soalnya dari gue yg pelajari, alcohol tuh sebenernya gapapa asalkan diformulasikan dengan bener. Cuma tetep, kalo ada simple alcohols di ingredients atas-atas/sebagai main ingredient .....w gamau sih wkwkwkwk.  

Price: 230 - 265k (30 ml)
(+) Ingredients list-nya pendek, gak macem-macem. Engga teroksidasi sampe tetes terakhir, warnanya engga berubah samsek. Cepet banget nyerepnya, gak lengket samsek tapi tetep berasa lembap. Ada salycilic acidnya tapi di list bawah, kalo di gue masih aman dipake tiap hari gada iritasi samsek. Packgingnya oke banget sih, pump gitu jadinya higienis dan botolnya botol kaca warna gelap jadi melindungi si vit.c dari sinar luar. 
(-) Pake fragrance, emang adanya di list paling akhir sih, cuma menurut gue tetep harus keep in mind soalnya mungkin sekarang gak knp-knp tapi tolarance kulit kita mungkin berubah dengan pemakaian jangka panjang. 
Repurchase?
Untuk sekarang sih masih yes, soalnya selain harganya masuk akal, ingredientsnya jg simple dan jelas banget, cuma 7 kan kaya wow im hepi. Tapi sejujurnya gue masih dalam pencarian serum dengan harga dan kualitas min setara ini tapi with no fragrance. Kalo udh ketemu kayanya gue berpaling sih. 


The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1%

Price: 200 - 250k (30 ml)
(+) Seperti semua produk The Ordinary lainnya, ingredientsnya simple banget. Alcohol free, fragrance&essential-oil free dan free bahan-bahan tambahan yg gak penting. Jelas banget dah apa yg lo taro di muka. 
(-) Nyerepnya agak lama. Gue denger orang-orang yg suka layering serum katanya ini agak susah kalo dilayer, suka ke peel off gitu. Gue sih jujur gapernah ngerasain soalnya w kan gak layering serum wkwk.... SAMA susah banget nyari yg asli saking banyak yg palsuin. Gue selalu beli di ponnybeaute, itu udh pasti asli tapi emang agak mahal dibanding shopee dan kalo udh stocknya abis kaya agak pr yakan. 
Repurchase?
No. Dulu gue sebenernya udh repurchased ini sampe 3x, emang it works really well on me tapi  sekarang gue lagi berpetualang nyari serum niacinamide yg lain.


PURITO Galacto Niacin 97 Power Essence


Labelnya essence tapi activesnya cukup tinggi, menghidrasi banget aseli gue pake satu pump udh bener-bener kerasa bgt lembapnya, malah gue kalo pake ini harus pake mouiturizer yg light soalnya kalo pake my reguler night moisturizer jatohnya jadi agak berminyak. Karena itu juga, gue pake ini di step serum. Terus ini 92% Galactomyces Ferment Filtrat, kalo yg belom tau itu apa, itu kurang lebih adalah zi well known magic liquid PITERA from SKII. Jadi Pitera itu, dibuat dari fermentasi yeast lalu mengasilkan Galactomyces Ferment Filtrat trs karena SKII yg pertama nemuin (1970an) jadi dia bikin hak paten trs dikasi namalah jadi Pitera. Ok sefruit pelajaran sejarah wkwkwk. Oiya dan ini packagingnya pump, emang serum vibes banget. 

Price: 200-250k (60 ml)
(+) Ingredientsnya simple, gak nambahin bahan yg gak penting, alcohol free, fragrance&essential-oil free. Activesnya gak cuma niacinimde, ini packed with humectans and shooting ingredients. Terus karena di gue satu pump cukup, 60 ml tuh jadi banyak bgt. Gue pake every other night dari maret, sampe sekarang masih kaya penuh banget. 
(-) Teksturnya watery cuma pas ditaro ke muka bukan yg kaya langsung ngeresep kaya toner, butuh waktu untuk ngeresep dan harus dibantu with lots of skin patting (or pats on the skin, help idk structure anymore lol)
Repurchase?
Yes. I cant afford SKII (yet) jadi dapet ingredient yg sama dengan good quality (kalo SKII premium quality kali y bep) dan harga murah kaya hello why not. So far so good. I love. 


For Skin's Sake (FSS) Retinol Serum


Local brand. Main activenya retinol 0.1% dan banyak bgt moisturizing agent dan humectannya. Ada alcohol cuma dipaling bawah and sekali lagi, selama  pas produknya dipake masih kerasa lembap then im veri okay, soalnya berarti formulasinya cantik. Btw gue fix jatuh cinta sama retinol. Gila kerasa banget bedanya. Kalo efek anti-agingnya sih ya jangka panjang ya, untuk sekarang jujur gak gitu notice. Tapi gapapa, investasi jangka panjang. Cuma sumpahhhhh jerawat/beruntusan jadi jarang muncul dan sekalinya muncul, sembuhnya cepet. Kerasa banget, aseli kerasa. Tapi gue pakenya masih gak tiap hari ya sis, tetep yah selalu ditanamkan kalo yg berlebihan itu tidak bagus.  

Price: 250-270k (30 ml)
(+) Buat gue yg pemula retinol, pake ini untuk pertama kali, engga kering/iritasi samsek. Tapi  pas awal, gue pakenya selang 2 hari, sekitar udh 3 mingguan (and up until now) baru deh gue pakenya jadi selang sehari. Terus tetep pake moisturizer yg agak thick, pagi pun selalu pake spf. Fragrance free, paraben free. Cepet nyerep dan tetep lembap. 
(-) Jujur gak nemu wkwkwk, gue suka banget. 
Repurchase?
Yes. 100%. 


Votre Peau Retinol Serum


Local brand. Main activenya retinyl palmitate, ini tuh retinol ester, kaya versi gentlenya retinol lah ya. Kalo retinol harus menjalani 2 tahap supaya jadi “berguna” (retinoic acid), retinol ester masih butuh 3 tahap. Emang konstrasi aktifnya dibuat jauh lebih gede juga, kalo fss 0.1% ini 1%. Terus ada ceramide juga yg bagus buat menjaga kekokohan skin barrier kita. 

Price: 290 - 330k (30 ml)
(+) Karena gue nyoba ini setelah ngabisin 1 botol Retinol FSS, jadi pas pertama nyoba gue udh langsung pake every other day dan yawda aman, engga bikin kering atau iritasi. Teksturnya lebing ringan dari FSS jadi nyerepnya jg lebih cepet. 
(-) Ada lavender oilnya. Ini balik lagi sih ke masalah fragrance, yg dmn mungkin sekarang gak knp-knp tapi mungkin akan berubah dengan pemakaian jangka panjang. Pokoknya essential oil apapun emang sangat gak dianjurkan buat dipake di kulit muka, karena sifatnya yg sensitizing. 
Repurchase?
No. Gue fix bakal balik lagi ke FSS sih, ingredientsnya lebih "clean", harganya lebih murah dan main activenya langung retinol. Gue lebih prefer yg langsung retinol soalnya kulit gue bukan kulit sensitif jadi i can tolarate OTC retinol. Begichu. 

Udah deeh, gue emang sekarang jauh lebih fokus ke bahan aktifnya dibanding label kaya “serum untuk menghilangkan jerawat” “serum untuk kulit cerah” soalnya contoh, labelnya bilang for brightening. Nah bahan aktif untuk mencerahkan kulit banyak, misal yg dia pake niacinamide tapi ternyata niacinamidenya adanya di list bawah sementara yg di atas humectant semua, nah itu kan jatohnya efek yg akan lebih keliatan adalah melembapkannya dibanding mencerahkan. Makanya daripada gue kecewa udh punya ekspektasi duluan, mending gue tau dulu manfaat bahan aktifnya apa jadi ekspektasi gue pas sama apa yg emang sebenernya produknya diberikan, gituh. 

Terus juga, bisa ngurangin kemungkinan iritasi soalnya kita udh punya knowledge nih atas produknya. Ibaratnya, kita liat map aja bisa nyasar apalagi kalo gak liat, gituhh. Terus juga, jujur akan jauh lebih hemat wkwkwkwk. Nih ya, sodara gue pernah beli serum Drunk Elephant TLC sama Farmacy Honeymoon Glow barengan dan dipake barengan, gara-gara dua produk itu klaimnya “menghilangkan jerawat”. Nah dua produk itu main activesnya adalah AHA BHA. Pertama, kalo dipake barengan, tentu bisa over exfoliate yg nantinya malah bikin kulit iritasi (sodara gue udh keburu iritasi baru curhat). Kedua, jujur buang-buang duit pake produk yg aktifnya sama barengan, mana itu dua-duanya serum mahal. At least abisin dulu satu trs ganti sama yg lain gasih.... Tapi udh gue kasih tau kok, trs jadinya TLCnya dihibahin ke gue HAHAHAHA. Nah yaudah intinya, pengetahuan tentang ingredients nih berguna banget sih menurut gue, apalagi kalo udh mau terjun ke dunia serum yah. 

Terakhir cuma mau ngingetin, you can totally skip the serum step. It’s an optional step depending on your skin needs. Listen to your skin skin first, the rest can wait. Jangan kemakan iklan. But still....i cant live without my retinol HAHAHAHAHAHA.  

Info tambahan:

1. Kalo yg mau cari tau soal ingredients bisa dicari di web paula’s choice. Tulis aja di google: *nama bahan* paula's choice. Selain disana bahasanya simple dan (iyalah) terpercaya, mereka jg selalu kasih referensi jurnal2 yg mereka pake, begituuu.

2. Untuk cari tau ingredients produk, bisa disini: https://incidecoder.com/. Disini dijelasin selengkap-lengkapnya lengkap, literally nge-breakdown tiap bahan yg ada di komposisi, contoh: COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser

3. Tempat gue recycle sampah skincare: Waste4Change

4. Berikut adalah orang-orang panutan gue dalam dunia skincare:
- Susan Yara, mantan jurnalis di industri kecantikan jadi insight soal skincarenya termasuk industrinya sendiri buanyak banget dan sering ngundang board certified derm di youtubenya buat ngebahas skincare: instagramyoutube
- Dr. Shereene Idriss, dia board certified derm, kalo ngejelasin sesuatu beneran singkat padat dan jelas gak bertele-tele samsek: instagram
- Claudia Christin, dermatology postgrad student, cek deh di feeds ig-nya dia bikin bahasan skincare yg ribet jadi gampang banget dingertiin (orang indonesia loh btw): instagram
- Beauty Within, channel youtube yg gak cuma ngasih rekomendasi produk tapi ngebahas ilmu sainsnya juga, love banget banget banget: youtube
- Glow Necessities, suka karena approach mereka terhadap skincare hampir sejalan sama gue yaitu, kulit kita pintar jadi gak perlu lebay. Mereka punya daftar produk skincare yg udah mereka approved sebagai "gentle skincare" jadi jujur bermanfaat banget bagi gue pribadi: instagram 


References:

How Does Vit C Benefit Skin:

Ethyl Ascorbic Acid

Applied vitamin C (ascorbic acid) and niacinamide at the same time

Pros and Cons To Using Alcohol in Skincare

How Niacinamide Works

Sum Up: Retinoids  (retinoid esters, retinol, retin-A)

Comments

Popular Posts