introduction; RDSR - Cleanser

HALOOOOO SEMUA, gausah pake pembukaan panjang-panjang deh soalnya jujur gue bingung sendiri ehehe. Jadi postingan ini bermaksud untuk ngasih tau kalo gue mau bikin blog ini hidup lagi tapi bukan dengan curhat-curhatan hidup. Gue memutuskan untuk menjadikan blog ini sebagai tempat gue menumpahkan pendapat gue terhadap hal-hal gue sukai, yaitu: film, tv shows (drakor/west tv series) dan terakhir adalah skincare. Nah pertama mulai dari skincare dulu yah, soalnya yha pengen aja wkwk. 


Jadi gue bakal kasih review ke se-mu-a skincare yg pernah gua pake. Urutannya dari cleanser-toner-serum-moisturizer-spf-exfloliator-spot treatment+mask. Tapi disclaimer dulu, i'm not an expert, gue cuma manusya biasa yg ngerasa dunia skincare is very.....mesmerizing? Terus all reviews are based on my experience only dan mungkin jg bakal nyerempet2 ke science and stuff behind all the ingredients, karena sejujurnya itu part fav gue^^  Jadi sekali lagi, semua yg gue tulis disini tolongggg banget di check ulang, pokoknya take it with a grain of salt yah.  Nanti di akhir post, gue juga akan kasih link ke reliable sources (ada referensi jurnalnya atau background writernya tercantum jelas) yg gue pake buat referensi, okrrr.

Yaudah yuk mulai dari cleanser:

Tipe kulit: combination, normal to oily; oily on t-zone area. 
What I'm looking for from a cleanser? yang tetep bikin lembap setelah dipake, engga pake SLS/SLES sebagai cleansing agentnya. Intinya, squeaky clean feeling issa big no no. 

1. Oil Based Cleanser

Biore Oil Cleansing

Price: 80-100k (150 ml)
(+) Teksturnya bukan minyak yg MINYAK, light bgt gt mirip kek air cuma tetep minyak (ofkors) Does the job veri nicely. Ngapus semua waterproof makeup dan abis dibilas engga kerasa lengket samsek, samsek. Wanginya enak bgt. (I dont mind fragrence in my cleanser cause i rinse it anyway)
(-) Di mata kerasa kaya ada layer minyak gt jadi burem dan ini perih di mata but tbh im veri much okay with that karena gue bersihin muka dulu baru mata trs langsung bilas pake air. 
Repurchase?
Maybe. Dengan harga segitu, isinya banyak dan abisnya lama. I veri luv. Tapi kayanya kalo ini abis pengen coba nivea deh. Katanya bagus juga dan gak perih di mata hmmmm menarique. 

2. Micellar Water
Sebenernya micellar water tuh gue aga apa aja sih, karena penggunaan micellar water gue cuma untuk: 
1. Makeup yg VERY LIGHT dan gak keluar rumah;
2. Kalo lg pake SPF aja;
3. Kalo muka kerasa lenget tapi belom waktunya cuci muka dengan sabun, yawda micellar water trs bilas pake air;
4. As a second cleanser after oil buat make sure makeup gue udh beneran keangkat. 
Dan abis itu semua, gue pasti follow up dengan cuci muka pake sabun (water based cleanser). Jadi sejujurnya gua gabutuh mereka untuk kerja keras wkwkwkwk. Jadi ini bukan dari kinerja ya tapi lebih ke “rasa”. 

Garnier Pink

Price: 55-75k (400 ml)
Gak perih dimata, enak sih suka. CUMA di gue kalo gak buru2 dibilas gue lumayan kerasa kaya ketarik....? 
Repurchase?
No, karena yaitu agak kerasa ketarik kalo gak langsung dibilas, sementara gue biasanya abis pake micellar water suka leyeh2 dulu baru cuci muka beneran. 

Garnier Oil Infused

Price: 60-80k (400 ml)
GASUKA UDAH FIX GASUKA. Abis dibilas pake air pun masih berminyak like tf??? Cleansing oil aja gak begini. Gue akhirnya pake cuma pake buat bersihin mascara doang yg sebenernya pake biore cleansing oil-pun bisa. 
Repurchase?
ofkors no. 

Nivea Micellar Water

Price: 45-55k (200 ml)
Gue udh pake yg macem2 tipe dan suka semua. Gak kerasa ketarik samsek cuma kalo gak langsung dibilas agak kerasa lengket dikitttt tapi lama-lama ilang dan gue jauh lebih prefer berasa lengket dikit dibanding ketarik dikit. 
Repurchase?
Yes. Gue sampe sekarang masih pake ini dan beneran beli yg mana aja yg lagi diskon wkwkwkwk. 

3. Water Based Cleanser

Cetaphil Gentle Skin Cleanser

Price: 80-150k (125 ml)
(+) Super gentle, saking gentlenya suka kaya “ini udh bersih belomsi?” wkwk tapi kalo buat pagi enak. 
(-) Dia nih cair gt kan jadi berasa cepet bgt abisnya dah DAN HELLAW HARGANYA MAHAL BGT ELAH. 
Repurchase?
No, bicoz the price is making me cri. 

Hada Labo Tamagohada Mild Peeling Face Wash
Price: 45-55k (100 gr)
(+) Free sulfate dan free fragrance. Berbusa tapi gak bikin kering samsek, jadi berasa bersih iya, berasa lembap iya juga. Ada AHA BHA-nya tapi di list ingredients bawah-bawah. Gue pernah pake ini pagi malem dan gapapa banget, engga iritasi atau gimana. Beneran super mild sih menurut gue dan ini udh approved by Glow Necessities sebagai gentle skincare product.
(-) Karena free fragrance jadi jyuyur baunya kurang enak wkwkwk.
Repurchase?
Yes ofkors ofkoRz. Murah meriah banget i lov.

COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser

Price: 105-125k (150 ml)
(+) Gentle juga, gada busanya jg kaya cetaphil, gada rasa ketarik samsek, tapi aseli muka berasa bersih gada keragu-raguan kaya cetaphil. Gue pake ini sebagi morning cleanser tapi kalo night cleanser w abis, yaudah pake ini jg udh ngerasa cukup. 
(-) Gak nemu 
Repurchase?
IYah pasti, ini masih botol pertama. Jujur gak abis-abis bingung bgt. WORTH IT BGT BEP. 

Freeman Deep Clearing Manuka Honey + Tea Tree Oil Clay Mask + Cleanser 
(wow what a name....)

Price: 60-100k (175 ml)
(+) Iseng doang beli ini soalnya lagi diskon di shopee trs gue coba sekali jadiin facial wash eh ternyata enak????? Gak berbusa, bikin super alus dan lembap, gak ngerasa ketari samsek. Jujur w shooketh sih. Akhirnya waktu itu gue pake jadi night facial wash. Sukakkkk. 
(-) Tutupnya suka ga kenceng jadi suka beleberan trs air jadi gampang masuk. 
Repurchase?
Akan!!! Kalo stock sabun cuci muka gue udh abis, gue mau beli ini lagiii. Geday bgt juga jadi abisnya lama. 

Acnes Creamy Facial Wash

Price: 24-30k (100 gr)
(+) Ini berbusa tapi gada SLS atau SLESnya jadi tetep berasa bersih tanpa ada rasa ketarik. Di Paula’s Choise, SLS ratingnya poor, SLES ratingnya good. Tapi tetep aja keduanya bisa bikin kulit sensitif dengan pemakaian jangka panjang, makanya gue mencoba menghindari cleanser yg ada dua bahan itu di list ingredientsnya. Btw acnes creamy wash ini second ingredientsnya glycerine loh dan beneran rasanya tetep lembab abis cuci muka, jadi bisa bgt sih dipake pagi malem. 
(-) Gak ada juga wkwkwkwk
Repurchase?
Yes. Kalo lagi diskon, gue suka beli langsung 4. Staple ini fix. 

Jujyur i take my cleansing step VERY seriously guys. Kata Susan Yara (dan banyak skincare expert lainnya) basic skincare cuma sesimple cleansing, moisturizing and protecting (spf). Jadi sebelom kita pergi ke level selanjutnya, make sure dulu fondasi kita udh super oke. Soalnya kalo kita gak bener bersihin mukanya, si sisa makeup/spf/sebum akan numpuk di pori2, trs produk selanjutnya jg bakal gagal ngeresep jadi jatohnya cuma buang-buang skincare dan numpukin sampah di pori2:( Jadiiii step pertama ini beneran sepenting ituuu okeh, cari cleanser yg gentle, jangan lupa double cleansing tapi jangan juga sampe over cleansing okrrrr.

Oiya sama toner tuh bukan cleansing step yah, jadi kalo di kapas toner masih ada sisa makeup, berarti cleansing stepnya masih belom sempurna bukan malah tonernya yg hebat (dulu gue ngerasa kek gitu “wow keren ni toner” wkwkwk). JADI SEKALI LAGI JANGAN LUPA DOUBLE CLEANSING WKWKWKWK.  

Info tambahan:

1. Kalo yg mau cari tau soal ingredients bisa dicari di web paula’s choice. Tulis aja di google: *nama bahan* paula's choice. Selain disana bahasanya simple dan (iyalah) terpercaya, mereka jg selalu kasih referensi jurnal2 yg mereka pake, begituuu.

2. Untuk cari tau ingredients produk, bisa disini: https://incidecoder.com/. Disini dijelasin selengkap-lengkapnya lengkap, literally nge-breakdown tiap bahan yg ada di komposisi, contoh: COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser

3. Tempat gue recycle sampah skincare: Waste4Change

4. Berikut adalah orang-orang panutan gue dalam dunia skincare:
- Susan Yara, mantan jurnalis di industri kecantikan jadi insight soal skincarenya termasuk industrinya sendiri buanyak banget dan sering ngundang board certified derm di youtubenya buat ngebahas skincare: instagram, youtube
- Dr. Shereene Idriss, dia board certified derm, kalo ngejelasin sesuatu beneran singkat padat dan jelas gak bertele-tele samsek: instagram
- Claudia Christin, dermatology postgrad student, cek deh di feeds ig-nya dia bikin bahasan skincare yg ribet jadi gampang banget dingertiin (orang indonesia loh btw): instagram
- Beauty Within, channel youtube yg gak cuma ngasih rekomendasi produk tapi ngebahas ilmu sainsnya juga, love banget banget banget: youtube
- Glow Necessities, suka karena approach mereka terhadap skincare hampir sejalan sama gue yaitu, kulit kita pintar jadi gak perlu lebay. Mereka punya daftar produk skincare yg udah mereka approved sebagai "gentle skincare" jadi jujur bermanfaat banget bagi gue pribadi: instagram

Comments

  1. Rekomendasi beauty gurunya sangat berguna thanks sista ๐Ÿ‘๐Ÿป

    ReplyDelete
    Replies
    1. yeay masama kakkk. tengs loh udah mau baca ulang๐Ÿ’–

      Delete

Post a Comment

Leave your comments here:-)

Popular Posts